Loading...

Jumat, 01 November 2013

PENJELASAN BAGIAN KERANGKA PENELITIAN ILMIAH


I.                   Penjelasan Metode Ilmiah
Metode ilmiah (Scientific Methode) adalah proses ilmiah atau keilmuan untuk memperoleh suatu pengetahuan secara sistematis berdasarkan bukti yang tervalidasi atau fisis. Seorang ilmuwan tentunya dalam melakukan penelitian perlu memperhatikan prosedur penelitian. Berdasarkan pengamatan yang ada akan membentuk hipotesis yang menjelaskan fenomena alam. Prediksi pengujian tersebut dilakukan atas dasar uji dengan dilakukannya eksperimen. Setiap pengujian yang dilakukan dikatakan lolos uji berkali-kali bisa dijadikan sebgai teori ilmiah baru.
Metode Ilmiah memiliki unsur-unsur:
1.      Karakteristik (Pengamatan dan pengujian) adalah pengujian atas subjek yang diteliti dengan menitikberatkan pada sifat-sifat utama yang relevan atas subjek tersebut.
2.      Hipotesis adalah penjelasan teoritis yang merupakan dugaan atas hasil dari implementasi pengamatan yang dilakukan.
3.      Prediksi adalah suatu kesimpulan sementara atas identifikasi pada karakteristik dan hipotesis yang nantinya merupakan bahan dasar untuk meramalkan eksperimen dalam laboratorium atau pada pengamatan fenomena alam.
4.      Eksperimen adalah penggerak atau motorik dari hasil pengamatan di atas, yang mana hasilnya bisa dicocokan dengan pengamatan yang sudah dilakukan seperti Karakteristik, Hipotesis, Prediksi, dan Eksperimen.

II.                 Penjelasan Tujuan Penulisan Ilmiah
Tujuan ilmiah adalah maksud dari penelitian  yang akan kita buat, tujuan ini yang nantinya akan direalisasikan melalui cara-cara yang telah ditentukan dari hasil penelitian. 

Contoh:
Tujuan penelitian ini dibuat untuk mengetahui dan mengukur kinerja Bank menggunakan metode GCG (Good Corporate Governance) diseluruh jenis bank wilayah Jakarta Selatan. Tujuan ini dilakukan melalui persepektif laporan keuangan (Financial Report), Prosedur Pelayanan Nasabah (Customer Services), dan pengendalian intern.

III.              Penjelasan Sikap Ilmiah
Sikap ilmiah adalah cara memperlakukan suatu objek dengan semestinya. Sikap ini ditunjukkan atas dasar keilmuan, pengetahuan ataupun ilmiah. Sikap ini menunjukkan diri pribadi yang sewajarnya ditunjukkan ketika akan melakukan penelitian, seperti:
1.      Sikap Ingin Tahu
Sikap ini menunjukkan rasa ingin tahun akan suatu hal yang akan kita teliti, baik itu objek, subjek, dan bahan-bahan pendukung (komplemen).
2.      Sikap Berani
Sikap ini berkaitan dengan mental diri pribadi, sikap yang ditunjukkan kepada suatu objek atau subjek yang akan diteliti. Dengan sikap ini, apa yang kita butuhkan dapat ditelusuri dengan mudah.
3.      Sikap Menjangkau ke depan
Sikap ini untuk memprediksi fenomena-fenomena yang terjadi ketika peneliti atau ilmuwan tidak bisa memastikan hal-hal mengenai penelitiannya.
4.      Sikap Objektif
Sikap ini sangat diperlukan ketika ilmuwan atau peneliti memandang apa yang menjadi bahan dasar, tujuan, ataupun kaidah sesuai dengan kenyataannya yang terautentik (jelas).

IV.              Langkah-langkah Penulisan Ilmiah
Dalam Penulisan ilmiah memiliki kerangka umum untuk menyusun penulisan ilmiah, hal ini dilakukan sesuai prosedur yang telah ditetapkan. 

1.      Halaman Judul (Hard cover)
2.      Cover
3.      Lembar Pengesahan
4.      Abstraksi
5.      Kata Pengantar
6.      Daftar Isi
7.      Daftar Tabel
8.      Daftar Lampiran
9.      BAB I Pendahuluan
a.      Latar Belakang Penelitian
b.      Rumusan Masalah
c.       Batasan Masalah
d.      Tujuan Penelitian
e.      Manfaat Penelitian
f.        Metode Penelitian
-          Objek Penelitian
-          Jenis Data dan Variabel
-          Metode Pengumpulan Data
-          Uji Validitas dan Rentabilitas
-          Alat Analisis yang Digunakan
10.  BAB II Landasan Teori
a.      Kerangka Teori
b.      Kajian Penelitian Sejenis
11.  BAB III Metode Penelitian
a.      Objek Penelitian
b.      Data atau Variabel yang digunakan
-          Data
-          Variabel
c.       Metode Pengumpulan Data
d.      Metode Pengolahan Data
e.      Alat Analisis yang digunakan  
12.  BAB IV Pembahasan
a.      Gambaran Umum Perusahaan
-          Sejarah Singkat Perusahaan
-          Visi dan Misi Perusahaan
-          Karakteristik Responden
b.      Pembahasan
c.       Rangkuman Hasil Penelitian
13.  BAB V Penutup
a.      Kesimpulan
b.      Saran
14.  Daftar Pustaka
15.  Lampiran-lampiran

V.                Refrensi

-   Michael, Daniel.2012.Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan Menggunakan Metode Balanced Scorecard Pada Bank Central Asia Tbk. Tahun 2007-2011.Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma: Depok.

1 komentar: